Friday, May 18, 2012

Cara membuat kembang api berwarna

          
     Kembang api berwarna merah mengandung garam strontium. Sparklers terdiri dari logam tipis atau tongkat kayu dilapisi dengan campuran piroteknik sederhana. Membuat kembang api berwarna sama mudahnya dengan membuat kembang api biasa. Perbedaannya terletak pada senyawa oksidator yang digunakan. Pada dasarnya anda mereplikasi tes api, kecuali  Anda mengetahui warna yang diharapkan dari berbagai ion logam. Kalium nitrat akan memberikan warna ungu. Barium nitrat akan terbakar dan berwarna hijau. Nitrat Stronsium menyala merah.
Selain memesan dari toko peralatan kimia, Anda dapat menemukan nitrat strontium pada suar darurat dan potasium nitrat di beberapa toko  (atau Anda dapat membuat sendiri). Anda dapat mencampur dalam garam logam lainnya dari uji nyala api berwarna, tetapi campuran tersebut hanya untuk satu warna. Ada beberapa resep untuk kembang api berwarna. Berikut adalah beberapa contoh. Bahan tercantum dalam sesuai dengan beratnya, sehingga Anda dapat menggunakan satuan miligram atau gram atau mungkin ons

Sparklers Merah

    
5 bagian nitrat strontium
    
1 bagian Kawat besi atau tongkat kayu dalam campuran dan biarkan hingga kering  sebelum digunakan. Pastikan untuk meninggalkan ruang yang cukup pada tongkat sehingga Anda dapat memegang kembang api dengan aman.


Sparklers
Hijau

    
300 bagian potasium klorat
    
60 bagian barium nitrat
    
60 bagian aluminium denda, berkepak-kepak, atau butiran
    
2 bagian arang
    
10% dekstrin dalam larutan air

Celupkan kawat atau batang pada campuran yang dibuat dari bahan-bahan kering dengan larutan dekstrin hanya cukup untuk membuat bubur kental. Keringkan sparklers sebelum digunakan.

Sparklers
Ungu

    
14 bagian potasium nitrat
    
3 bagian bubuk belerang
    
3 bagian arang bubuk
    
2 bagian aluminium berkepak-kepak (untuk bunga api)
    
10% dekstrin dalam air 

Celupkan batang pada campuran yang dibuat dari bahan-bahan kering dengan larutan dekstrin cukup untuk membuat bubur.

Demikian beberapa resep yang penulis dapat bagikan, selamat bereksperimen


Artikel Terkait:

4 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

    ReplyDelete